Sabtu, 12 Oktober 2013

Pengertian Bahasa menurut Ahli Bahasa.

Nama: Rudiansyah Hadi Putra
NPM: 26111483
Kelas: 3KB01
Tugas: Bahasa Indonesia#
Menurut Keraf dalam sebuah bukunya Smarapradhipa (2005:1), memberikan dua pengertian tentang  bahasa. Pengertian pertama menyatakan bahasa sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Kedua, bahasa adalah sistem komunikasi yang mempergunakan simbol-simbol vokal (bunyi ujaran) yang bersifat arbitrer.

Tanggapan saya:
Tanggapan saya mengenai pengertian bahasa yang dipaparkan oleh seorang ahli bahasa, Kerap dalam sebuah bukunya Smarapradhipa, saya pun menyetujuinya. Pada asalnya bahasa itu berfungsi sebagai penghubung atau alat komunikasi. Akan tetapi tidak hanya dikususkan untuk anggota masyarakat. Terhadap hewan pun kita dapat berkomunikasi. Sebagai contoh, seorang tukang topeng monyet mempragakan gaya/simbol-simbol gerak untuk memerintahkan si monyet tersebut melakukan aksi yang lucu dihadapan para penontonnya. Ini merupakan salah satu bentuk komunikasi antara manusia dan hewan. Namun saya menambahkan dari pendapat saya, bahwasannya bahasa dapat diartikan sebagai komunikasi yang paling lengkap dan efektif untuk menyampaikan ide, pesan, maksud, perasaan dan pendapat kepada orang lain. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar